Kamis, 02 Desember 2010

Masalah – masalah pada remaja.



Masalah – masalah pada remaja.

  1. masalah fisik remaja
    • mata rabun
mata rabun kebanyakan di derita oleh kaum remaja. Banyak faktor yang menjadi penyebab mata menjadi rabun di antaranya akibat terlalu lama didepan komputer.
    • rambut keriting
rambut keriting biasanya berasal dari gen. kebanyajkan remaja akan merasa kurang percaya diri apabila teman- temannya berambut lurus.
    • kulit hitam
warna kulit juga merupakan salah satu masalah oleh kaum remaja. Banyak remaja menjaga kulitnya agar tetap halus dan putih. Bagi remaja yang kulit hitam biasanya merasa kurang percaya diri.
    • Kurang pendengaran (tuna rungu)
Remaja yang mengalami masalah dalam pendengaran, biasanya akan merasa dikucilkan oleh teman-temanya. Sehingga mengakibatkan pergaulan remaja tersebut bisa terganggu.
    • Kegemukan
Pada remaja kegemukan merupakan masalah yang paling besar, khususnya bagi remaja putri. Masalah ini diakibatkan oleh berbagai faktor, diantaranya makan tidak teratur. Sebagian besar remaja yang memiliki badan gemuk akan merasa minder.



Solusi :
Memberikan motivasi kepada orang yang mempunyai masalah fisik tersebut agar tidak merasa minder atau kurang percata diri. Dengan adanya motivasi maka orang yang terkena masalah fisik tersebut bisa tambah percaya diri.

  1. masalah intelektual
    • cacat mental
cacat mental adalah kelainan yang disebabkan oleh berbagai factor, diantaranya factor bawaan dari lahir. Seseorang yang mengalami cacat mental akan merasa selalu dikucilkan oleh teman-temannya.
    • malas belajar
malas belajar biasanya dialami oleh kebanyakan kaum remaja. Mereka menganggap belajar bukan merupakan suatu kebutuhan melainkan hanya paksaan dari orang tua.
    • Lemah daya pikir
Kelemahan daya pikir bias membuat remaja tidak focus dalam beraktifitas khususnya dalam proses pembelajaran.
    • Mudah  lupa
Mudah lupa disebabkan oleh berbagai factor baik gen maupun lingkungan. Kebanyakan remaja mengalami masalah ini.
    • Bicara tergagap
Untuk menjadi orang besar (sukses), sebagai seorang remaja harus memiliki cara bicara yang lancer (fasih). Tetapi pada kenyataanya banyak remaja yang mengalami masalah ini. Sehingga remaja tersebut merasa kemampuan yang ada dalam dirinya dibawah, dibandingkan dengan kemampuan orang lain.

Solusi :
Remaja yang mengalami masalah intelektual bisa diberikan bimbingan belajar secara khusus. Dengan cara ini, maka remaja tersebut bisa lebih mengoptimalkan cara berfikirnya tanpa ada tekanan dari orang lain (teman sebayanya) yang memiliki intelektual yang melebihi diri remaja tersebut. Selain itu untuk mengoptimalkan daya pikir seorang remaja, remaja tersebut diberikan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhanya. 

  1. masalah emosi remaja
·         capat tersinggung
mudah tersinggung salah satu factor dalam masalah emosi remaja. Hal ini bisa menimbulkan masalah yang besar pada remaja dengan teman-temannya. Contohnya perkelahian
·         mudah kecewa
apabila yang diharapkan oleh remaja tidak tercapai sesuai dengan keinginannya, maka biasanya remaja tersebut akan kecewa sehingga bisa membuat remaja tersebut untuk cepat menyerah dan akan berakibat pada perilaku remaja tersebut seperti malas.
·         Mudah marah
Menjadi seorang remaja biasanya memiliki emosi yang belum stabil.emosi yang tidak stabil ini bisa mengakibatkan suatu masalah bagi remaja tersebut. Contohnya perkelahian
·         Patah hati
Masa remaja merupakan masa mencari jati diri. Masa ini rentan dengan berbagai masalah diantaranya patah hati yang bisa mengakibatkan remaja tersebut hilang motivasi dalam beraktivitas sehari-hari.
·         Stess
Banyak factor yang mengakibatkan remaja mengalami masah ini. Disebabkan karena tidak mampu dalam menghadapi masalah. Apa yang diharapkan seorang remaja tidak sesuai dengan keingginanya.
Solusi :
Untuk mengantisipasi masalah emosional pada remaja, diperlukan kerja sama antara guru dan orang tua. Peran Orang tua sangat dibutuhkan untuk mendidik dan mengajari  remaja tersebut. Sedangkan peran guru yaitu membantu peran orang tua sebagai pendidik remaja tersebut.

  1. masalah hubungan social remaja
·         Iri hati
Iri hati merupakan factor masalah hubungan social. Remaja tidak suka apabila ada orang lain yang memiliki kemampuan melebihi dirinnya. Apabila ada temannya yang memiliki kemampuan tersebut, maka remaja tersebut akan berusaha untuk menjatuhkan temannya dengan berbagai cara.
·         Sombong
Seorang remaja biasanya berfikir bahwa dirinya memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki teman-teman sebayanya. Sehingga munculah perasaan sombong.
·         Tidak bertanggung jawab
Kebanyakan remaja apabial diberi tugas oleh guru atau orang tua, biasanya tugas tersebut di abaikan. Dan seandainya prilaku ini tidak dihilangkan maka bisa membuat remaj tersebut sulit untuk dipercaya.


·         Pergaulan bebas
Sebagian besar prilaku remaja saat ini sulit untuk dikontrol oleh orang tua atau guru. Sehingga kebanyakan terjerumus kedalam pergaulan bebas.
·         Bersiakap individualism
Remaja menganggap dirinya mampu melakukan segala sesuatu tanpa bantuan dari orang lain. Sehingga dia menutup dirinya dan apabial sikap ini  dibiarkan bisa membuat remaja tersebut dikucilkan dari lingkunganya.
Solusi :
Untuk masalah ini, peran orang tua dan guru juga sangat di butuhkan. yaitu memberikan arahan dan pemahaman pada remaja tersebut bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

  1. masalah bahasa remaja
·         bahasa gaul
penggunaan bahasa gaul atau bahasa remaja ini hanya untuk kalangan mereka. Penggunaan ini bertujuan untuk menyatakan bahwa kehadiran mereka memang ada dalam komunitas remaja. Contohnya Pede aja, lagi!.
Solusi :
“Setinggi-tingginya langit, masih ada langit yang lebih tinggi lagi”. Pepatah tersebut setidaknya mengingatkan kepada kita bahwa pengetahuan itu tidak ada batasnya, semakin digali maka semakin banyak yang tidak kita temukan. Kita hanya mampu mengusahakan perkembangan bahasa remaja ini ke arah yang positif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar